Arsip Dokumen
Salam Sehat

Health is not Everything, but Everything Without Health is Nothing

Pengunjung Blog

Belajar dari Pak Tani…….(sebuah renungan)

Assalamu’alaikum

Siapa yang tidak tahu profesi yang satu ini, yaitu Petani. LAlu apa yang bisa kita pelajar dari mereka…? Bertani…?

Tidak salah memang kalau anda iningin belajar pertanian, maka anda bertanya kepada petani. Namun dibalik profesinya petani kita dapat belajar banyak tentang filosinya.

MAsih ingatkah tentang peribahasa “Siapa yang menanam, maka ia akan memanennya”. Pernyataan tersebut mengandung makna yang mendalam bagi kita. Kalau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari mengandung makna bahwa kalau kita berbuat kebaikan, maka akan berbuah kebaikan kepada kita, dan sebaliknya kalau kita berbuat sesuatu yang tidak baik, maka kita akan menanggungnya kelak dikemudian hari.

Tidak ada yang bisa dipanen seseorang jika tidak pernah menanam sesuatu. Hanya orang yang menanam saja suatu saat nanti akan memetik buah dari kesungguhannya.
Menanam adalah sebuah proses yang cukup panjang. Proses menanam dimulai dari mengolah lahannya terlebih dulu (membajak sawah, mencangkul dll) mencari benih yang baik, melakukan penanaman, memupuk dan menyiramnya secara periodik, dan menjaganya dari serangan hama tanaman. Kalau kita ingin mendapatkan bua yang baik (kesuksesan atau cita-cita) maka proses yang panjang tersebut haruslah kita lalui.

Analog dengan proses menanam, ketika kita ingin menggapai cita-cita juga membutuhkan proses dan cara yang panjang. Tidak ada cara instan dalam menggapai cita-cita. Tapi apa yang terjadi dewasa ini, budaya instan telah melanda sebagian besar masyarakat kita . Cita-cita tidak bisa dicapai dengan menyandarkan diri pada nasib, karena yang akan mengubah hidup dan masa depan adalah diri kita sendiri.

“Man Jadda Wajada” Siapa yang bersungguh sungguh Pasti Akan Berhasil.

Salam Semangat

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*

Kalender
November 2010
M T W T F S S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Komentator
    Skip to toolbar